no-images

Polisi Imbau Masyarakat Waspada Kasus Ganjal Mesin ATM

Bandar Lampung - Kasat Binmas Polresta Bandar Lampung Kompol Kurmen Rubiyanto mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati saat melakukan transaksi di mesin ATM.

Hal ini disampaikan oleh Kurmen dan jajarannya saat bertatap muka dengan warga kelurahan Kota Karang, Kecamatan Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung, pada Sabtu (13/01/2024) malam.

Kompol Kurmen menghimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan bantuan orang yang tidak dikenal apabila mengalami permasalahan saat bertransaksi melalui ATM. 

"Hati hati apabila berada di lokasi ATM, betul betul cek, kalau memang ragu jangan sampai meminta bantuan kepada orang yang tidak dikenal, silahkan hubungi pihak Bank atau ATM yang bersangkutan,” Ungkap Kasat Binmas Polresta Bandar Lampung Kompol Kurmen.

Kurmen menuturkan, pelaku pembobol mesin ATM sering beraksi dalam jumlah lebih dari satu orang. Mereka membagi peran, saat melakukan aksinya. Ada yang mengalihkan perhatian orang lain, mengganjal mesin ATM, mengintip PIN korban, menawarkan diri untuk membantu korban saat kartu ATM korban terganjal di mesin.

"Para pelaku ini biasanya mencari lokasi mesin ATM yang sepi dan berpura-pura ingin membantu korban yang kartunya terganjal pada mesin ATM, kemudian mereka mengintip korban saat memasukan nomor PIN kartu ATM. Setelah mengetahui PIN, dan kartu ATM korban terganjal, mereka akan menawarkan bantuan" ujar Kurmen. 

Saat kartu ATM berhasil diambil, mereka akan menukar kartu ATM milik korban dengan kartu ATM palsu yang telah disiapkan. Selanjutnya, para pelaku akan menguras habis uang dalam rekening korban. (*)

Share this Post

Comments (0)

Leave a comment

( characters left)
no-images