no-images

Pasca Viral Aksi Ratusan Remaja Konvoi Di Bandar Lampung, Polisi Amankan 14 Remaja Selaku Ketua Admin Penggerak Aksi

Bandar Lampung – Polresta Bandar Lampung merespon cepat aksi konvoi sepeda motor yang dilakukan oleh ratusan remaja yang melintasi sejumlah ruas jalan yang ada di Kota Bandar Lampung, pada Rabu (29/03/2024) sore.

Aksi ini sempat viral dan mengganggu sejumlah pengendara, yang dilintasi oleh konvoi para remaja ini.

Petugas Kepolisian yang mengetahui peristiwa tersebut, langsung melakukan pengejaran dan membubarkan aksi ratusan remaja ini.

Saat membubarkan aksi tersebut di Jalan Raden Intan, Polisi berhasil mengamankan 3 orang remaja yang diduga ikut dalam aksi tersebut, ketiganya yaitu EZ (15), DF (15) dan RG (18), dan langsung dibawa ke Mapolresta Bandar Lampung.

Hasil interogasi terhadap ketiganya, Polisi kemudian melakukan serangkaian penyelidikan dan pengembangan terhadap peristiwa ini, dan berhasil mengamankan 14 remaja yang diduga ikut sekaligus sebagai penggerak aksi tersebut.

Keempat belas remaja tersebut yaitu AA (22), AF (19), MD (19), MF (21), DF (19), RP (21), YP (17), PP (18), DF (18), FW (17), AM (18), CW (17), FA (17) DAN AAP (17).

Kabag SDM Polresta Bandar Lampung Kompol Sukamso menjelaskan bahwa, 14 remaja ini, diamankan dengan upaya persuasif melalui pendekatan dengan pihak keluarga maupun pamong setempat, pada Kamis (28/03/2024).

“Jadi total yang sudah berhasil kita amankan yaitu sebanyak 17 orang remaja, 3 orang remaja kita amankan saat membubarkan aksi konvoi tersebut, dan 14 orang remaja lainnya merupakan hasil pengembangan,” Ungkap Kabag SDM Kompol Sukamso, pada Jumat (29/03/2024) siang.

Hasil pemeriksaan, ratusan remaja yang tergabung dalam kelompok Lampung All Star ini, melakukan konvoi kendaraan bermotor sambil membawa sejumlah bendera, dari arah Kemiling dengan tujuan Tugu Adipura Kota Bandar Lampung.

“Mereka bilang konvoi ini dilakukan tujuannya untuk membagikan takjil bagi masyarakat dan pengguna jalan” ungkap Kompol Sukamso.

Para admin yang tergabung dalam Kelompok Lampung All Star ini, menyebarkan pesan melalui akun media sosial dan Whats App Group, dengan tujuan mengumpulkan anggota dan donasi untuk membeli takjil.

“Para remaja ini terlebih dahulu berkumpul di belakang Eks Terminal Kemiling, baru kemudian melakukan aksi konvoi dari arah jalan Pramuka, Kemiling sampai masuk ke dalam Kota Bandar Lampung”ujar Kaga SDM.

Selain ke 14 remaja, Polisi juga berhasil mengamankan 1 buat TOA dan 1 buah Bendera Bertuliskan Lampung All Star.

“Terhadap para remaja ini, telah kita lakukan pembinaan dan pendataan, selanjutnya kita buatkan surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya, dan dikembalikan kepada orang tuanya masing masing” ujar Kompol Sukamso.

Mahmud (42), salah satu orang tua remaja yang diamankan oleh Pihak Kepolisian, meminta maaf kepada masyarakat Kota Bandar Lampung atas perilaku yang dilakukan oleh anaknya dan menghimbau para orang tua untuk meningkatkan kepedulian dan pengawan terhadap anak anaknya.

“Saya meminta maaf kepada masyarakat Kota Bandar Lampung atas perilaku anak anak kami, yang mungkin telah membuat masyarakat jadi resah atas aksi yang mereka lakukan beberapa hari lalu, dan berharap peristiwa ini tidak terjadi lagi” ungkap Mahmud.

Setelah dilakukan penandatangan surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya, terhadap 14 orang remaja ini dikembalikan kepada orang tuanya.(*)

Share this Post

Comments (0)

Leave a comment

( characters left)
no-images